Kamis, 13 Oktober 2011

10 Pantai Terindah di Indonesia

i 1. RAJA AMPAT , PAPUA
Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai.
Kabupaten ini memiliki 610 pulau. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar. Dari seluruh pulau hanya 35 pulau yang berpenghuni sedangkan pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama.
Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten. Bila menggunakan pesawat udara, lebih dulu menuju Kota Sorong. Setelah itu, dari Sorong perjalanan ke Waisai dilanjutkan dengan transportasi laut. Sarana yang tersedia adalah kapal cepat berkapasitas 10, 15 atau 30 orang. Dengan biaya sekitar Rp. 2 juta, Waisai dapat dijangkau dalam waktu 1,5 hingga 2 jam.
Berdasarkan sejarah, di Kepulauan Raja Ampat terdapat empat kerajaan tradisional, masing-masing adalah kerajaan Waigeo, dengan pusat kekuasaannya di Wewayai, pulau Waigeo; kerajaan Salawati, dengan pusat kekuasaan di Samate, pulau Salawati Utara; kerajaan Sailolof dengan pusat kekuasaan di Sailolof, pulau Salawati Selatan, dan kerajaan Misol, dengan pusat kekuasaan di Lilinta, pulau Misol.
sayang karena kurangnya perhatian pemerintah dan kurangnya transportasi serta jaraknya yang cukup jaug ,,wisata laut ini kurang diminati turis lokal terutama dan jarang terekpose









.

2. KARIMUN JAWA 
Siapa yang tidak kenal Karimun Jawa?  
Karimun jawa sekilas terlihat mirip raja ampat karena terdiri banyak pulau. namun pulau yang terletak di Kabupaten Jepara ini telah masuk penangkaran Pemerintah Jepara. sehingga objek wisata ini mudah dijangkau oleh transportasi..
Masih di Jepara kita dapat berkunjung ke penangkaran penyu yang dilestarikan dan jika beruntung kita dapat melihat anak2 penyu sedang menuju ke laut.
di perjalanan menuju pulau jika beruntung kita dapat melihat lumba2. Di pantai sendiri terdapat pasir putih yang indah, laut yang bening serta terumbu karang yang sangat indah. Kita dapat berjalan kaki menyusuri pantai di saat air surut (pagi hari) menuju pulau lainnya, dan disaat air pasang (siang-malam) pasir tersebut akan tertutupi air laut. Disana juga terdapat kolam hiu jika kita ingin berenang bersama anak hiu


















3.PANTAI BUNAKEN ,MANADO, SULAWESI UTARA
Pantai yang ada di Manado, Sulawesi Utara merupakan pantai yang bersih dengan pasir putihnya yang menawan. Para wisatawan yang kesini sangat menikmati keindahan Bunaken. Apa lagi di kalangan wisatawan mancanegara Bunaken sangat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya dan terumbu karangnya yang masih terjaga.Snorkling dan Diving sangat tepat disini. Kebanyakan yang datang kesini adalah turis mancanegara yang tujuannya melihat ekosistem laut.










4.PULAU PARAI TENGGIRI, BANGKA BELITUNG

Pasir putih dengan laut biru yang tenang dan dikelilingi panorama yang indah membuat pantai ini sebagai salah satu pantai terbaik di Indonesia. Beragam aktifitas dapat anda lakukan di pantai ini seperti berjemur di pantai, parasailingm jet skiing, maupun berjalan santai di sepanjang pantai untuk menikmati keindahan alam.







5.PULAU SENGGIGI, LOMBOK
Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis. 





 6.PANTAI LIANG, AMBON MALUKU
Pantai Hunimua, Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah, biasa disebut Pantai Liang, menempati peringkat pertama terindah di Indonesia berdasarkan hasil penelitian Badan PBB yang mengurusi pembangunan global (UNDP) tahun 1990. Pantai dengan pasirnya yang putih dan pemandagan alam yang indah ini cocok untuk para wisatawan domestik maupun Mancanegara 








 7.PANTAI GAPANG, PULAU WEH, NANGROE ACEH DARUSALAM
Lagi, pantai yang kurang didukung pemrintah ini merupakan pantai yang terletak di sebuah pulau di propinsi Aceh ini memiliki pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar. Pulau ini dapat dicapai dengan ferry dari Banda Aceh. Berbagai aktifitas dapat anda nikmati di pulau ini seperti sunbathing, diving dan beachcombing.





 8.PANTAI DREAMLAND BALI
pantai ini Terletak di Badung Bali, 20 menit dari Uluwatu atau 45 menit dari Kuta kearah utara. Pantai Dreamland termasuk pantai yang terbaik yang dimiliki Indonesia. Dreamland menarik banyak sekali wisatawan mancanegara. Penggemar surfing jangan lupa untuk mencoba tantangan ombak di pantai ini. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Dikelilingi oleh tebing-tebing dengan pemandangan alam yang indah. 






9.PANTAI BINTAN (TRIKORA DAN SAKERA),KEPULAUAN RIAU
Pantai ini merupakan tujuan wisata favorit bagi komunitas lokal karena terkenal dengan pantainya yang masih bersih dan lautnya yang tenang. Berbagai hotel dan resort berbintang dapat anda temukan dengan mudah di pantai ini. 





10. PANTAI KUTA, BALI
Untuk urutan terakhir sebenarnya ada 2 nama yakni Sanur atau Kuta, walau Pantai Kuta sekarang banyak dipenuhi sampah tapi dengan terkenalnya Kuta sampai ke berbagai belahan dunia maka Kuta masuk ke dalam list terakhir.
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach). Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta. 














Saya membuat list ini syarat pertama bukan banyak pengunjung maupun terkenalnya objek tersebut. Namun yang menjadi pertimbangan adalah keindahan air laut, mahluk hidup di air (terumbu karang, ikan, penyu dll) , pasir putih dan berbagai macam aspek lainnya. Mungkin jika ditambahkan list berikutnya adalah Pantai Sanur (Bali), Santolo (Garut), Pangandaran (Ciamis) dan Batu Karas (Ciamis).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar